Konseptualisasi Komunikasi

John R. Wenburg dan William W. Wilmot juga Kenneth K. Sereno dan Edward M. Bodaken mengemukakan bahwa setidaknya ada tiga kerangka pemahaman mengenai komunikasi, yakni komunikasi sebagai tindakan satu-arah, komunikasi sebagai interaksi dan komunikasi sebagai transaksi.


Komunikasi sebagai tindakan satu-arah


Pemahaman yang populer mengenai komunikasi manusia ialah komunikasi yang mengisyaratkan penyampaian pesan searah dari seseorang atau lembaga kepada seseorang (sekelompok orang) lainnnya, baik itu secara langsung (tatap muka) ataupun melalui media.

Pemahaman komunikasi sebagai proses searah sebenarnya kurang sesuai bila diterapkan pada komunikasi tatap muka. Namun mungkin tidak terlalu keliru jika diterapkan pada komunikasi massa dan komunikasi publik (pidato) yang tidak melibatkan tanya-jawab. Akan tetapi, komunikasi massa pun sekarang ini cenderung dua-arah dengan melibatkan kegiatan tanya-jawab dengan pendengar atau pemirsa secara langsung.

Michael Burgoon menyebut pemahaman komunikasi sebagai proses searah ini dengan "definis berorientasi-sumber" (source-oriented definition). Definisi ini mengisyaratkan komunikasi sebagai semua kegiatan yang secara sengaja dilakukan seseorang untuk menyampaikan rangsangan untuk membangkitkan respon orang lain. Dalam konteks ini, komunikasi dianggap tindakan yang disengaja (intentional act) untuk menyampaikan pesan demi memenuhi kebutuhan komunikator.

Definisi-definisi komunikasi demikian mengabaikan komunikasi yang tidak disengaja, seperti pesan tidak direncanakan yang terkandung dalam nada suara atau ekspresi wajah, atau isyarat lain yang spontan. Juga mengabaikan prosesual interaksi -memberi dan menerima- yang menimbulkan pengaruh timbal balik antar pembicara dan pendengar. Dengan kata lain, konseptualisasi komunikasi sebagai tindakan satu-arah menyoroti penyampaian pesan yang efektif dan mengisyaratkan bahwa semua kegitan komunikasi bersifat instrumental dan persuasif.

Selanjutnya Komunikasi sebagai interaksi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel