Cahaya dan Komunikasi



Cahaya merupakan salah satu faktor yang sangat bagi kehidupan manusia. Karena dengan adanya cahaya kita bisa melihat. Dan masih banyak lagi manfaat yang diberikan oleh cahaya. Bukan hanya untuk penerang saat kita berswafoto melainkan juga untuk berkomunikasi.


Ada yang pernah nonton SpongeBob ketika Squid Ward memanggil beruang laut. Itu dilakukan dengan menggunakan cahaya senter. Hal seperti itu bisa dilakukan disaat kita tersesat di hutan. Dengan membuat api unggun misalnya atau mengirimkan kode morse SOS menggunakan cahaya senter. Tidak dapat dipungkiri beberapa tahun yang akan datang, komunikasi antar planet bisa dilakukan dengan menggunakan cahaya.

Mercusuar. Bangunan di daerah pantai ini menjadi simbol bahwa cahaya bisa dijadikan sebagai alat komunikasi. Menurut Prof. DR. Alo Liliweri, M.S. komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami. Dalam konteks ini, mercusuar berfungsi sebagai sumber pesan dan kapal sebagai penerimanya.

Sekarang kita mengetahui bahwa komunikasi bukan hanya sekedar berbicara dan/atau kegiatan yang dilakukan oleh orang. Komunikasi sangat banyak bentuknya. Untuk kali ini kita hanya mengupas hubungan cahaya dan komunikasi. Oke sekian dulu, jumpa lagi tahun depan. ;)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel