Lebih Dekat dengan Larry Tesler



Siapa Larry Tesler? Mungkin namanya terdengar asing. Namun tahukah kamu? Tesler merupakan salah satu orang yang berjasa dalam hidup kamu.

Lawrence Gordon Tesler (24 April 1945) adalah seorang ilmuwan komputer yang bekerja di bidang interaksi manusia-komputer. Tesler pernah bekerja di Xerox PARC, Apple, Amazon and Yahoo!.

Pada tahun 1973, Tesler bekerja di Xerox PARC. Kala ituTesler sedang melakukan penelitian Smalltalk-76 yang bertugas menyimpan data teks ke dalam memori internal komputer. Pada saat itulah Tesler menciptakan fitur "cut", "copy" dan "paste".

Fitur ini bertujuan untuk memotong bagian teks untuk dipindahkan ke bagian yang lainnya. Copas tercatat pertama kali digunakan pada tahun 1973-1976 oleh Tesler dan rekannya, Tim Mott untuk bahasa pemrograman Gypsy.

Setelah itu Tesler pindah tempat kerja di Apple Computer pada tahun 1980. Tesler menjabat sebagai Ketua Divisi Pengembangan Teknologi Komputer. Tesler juga terlibat dalam pengembangan MacApp, salah satu liblary kelas pertama untuk pengembangan aplikasi (awal terjadinya produk Apple).

Sampai saat ini mahakarya-nya (copas) masih digunakan oleh semua orang, khususnya dikalangan pelajar. ;)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel