Fakta Dibalik Huruf Q

Huruf Q bukan hanya sebuah huruf, melainkan juga sebuah kode. Kode Q ini dipergunakan dalam komunikasi CW dan merupakan singkatan dari suatu kebutuhan komunikasi antar stasiun radio amatir. 

CW atau CONTINUOUS WAVE telah lama dikenal sejak tahun 1900-an. Gelombang radio CW ini unik, karena walaupun penerimaan sinyal kecil oleh karena daya pancar radio transmisi kecil atau bahkan kecil sekali atau mungkin propagasi kurang baik, maka komunikasi dengan CW masih bisa didengar bagi penerima. Oleh sebab itu mengapa CW lebih banyak disukai oleh para amatir radio dunia.    

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman, hubungan komunikasi dengan CW lebih banyak dijumpai di band-band amatir jika dibandingkan dengan mode lainnya seperti misalnya SSB, RTTY, SSTV & PSK31 sekalipun. (Kalo ga paham singkatan SSB, RTTY dan temannya bisa cari di google hehehe)

Kode Q ini dapat dipergunakan secara luas dalam sistem komunikasi dengan CW, baik oleh Militer, Perusahaan, Pemerintahan dan stasiun-stasiun radio lainnya. Kode Q hanya terdiri dari 3 (tiga) huruf yang diawali dengan huruf Q dan merupakan suatu: Informasi, Penjelasan, Situasi, Kondisi, Tindakan dan lain-lain. Ini merupakan pernyataan dari satu pihak/stasiun, dan di lain pihak merupakan jawaban/pernyataan yang diinginkan. Kode Q diawali dengan QAA sampai dengan QZZ dan dipergunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti: Keadaan Cuaca, Perjalanan, Penerbangan, Pelayaran, Kegiatan-kegiatan SAR dan lain-lain. Sedangkan untuk komunikasi dipergunakan mulai QRA sampai QUZ.

Contoh Kode Q yang umum dipergunakan dalam komunikasi Amatir Radio, antara lain:

QRA? = Apa nama stasiun saudara?
QRH? = Apakah frekuensi saya bergerak/bergeser?
QRO? = Haruskah saya membesarkan daya pancar saya?
QRM? = Apakah anda terganggu oleh signal lain?
Dan masih banyak lagi. Hmmm ini aja dulu informasi seputar kode Q. Siyasun.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel