Komunikasi Instrumental




Fungsi komunikasi yang terakhir menurut William I. Gorden adalah komunikasi instrumental. Komunikasi instrumental memiliki beberapa tujuan: menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap keyakinan, dan mengubah perilaku dan juga menghibur. Bila diringkas maka komunikasi instrumental bersifat membujuk (persuasif). Komunikasi yang berfungsi memberitahukan atau menerangkan yang mengandung muatan persuasif biasanya pembicara menginginkan pendengarnya mempercayai bahwa informasi yang disampaikannya bersifat akurat.
Sebagai intrumen, komunikasi tidak hanya untuk membangun sebuah hubungan melainkan juga bisa menjadi penghancur sebuah hubungan. Komunikasi juga berfungsi sebagai instrumen untuk mewujudkan tujuan-tujuan pribadi kita. Tujuan jangka pendek misalnya memperoleh pujian, empati, keuntungan material, ekonomi dan politik. Sementara itu tujuan jangka panjang dapat diraih lewat keahlian komunikasi. Seperti yang dikatakan oleh Thomas Harrel, profesor bidang bisnis di Stanford University, "faktor yang paling sering membuat seseorang itu sukses adalah kesukaan komunikasi." Franklin Delano Roosevelt, Winston Churchill, Martin Luther King, Jr., dan Soekarno adalah beberapa pemimpin besar yang juga berkomunikator besar.
Mengapa keahlian berkomunikasi membantu memperoleh kesuksesan dalam pekerjaan? Jawabannya sederhana dan logis. Sebagian pekerjaan atau profesi-profesi menuntuk tindakan berbicara. Banyak pemimpin perusahaan mengakui bahwa keahlian komunikasi menentukan produktivitas perusahaan. Eksekutif-eksekutif top perusahaan sering harus berbicara di hadapan bawahan dan memotivasi mereka agar produktif, agar bawahan memiliki rasa kebanggaan terhadap perusahaan tersebut.
Walhasil, meskipun kita dapat membedakan fungsi-fungsi komunikasi, suatu peristiwa sering kali memiliki fungsi-fungsi yang tumpang tindih, meskipun salah satu fungsinya sangat menonjol dan mendominasi. Perayaan Idul Fitri oleh kaum Muslim atau perayaan Natal oleh kaum Nasrani di Indonesia misalnya mempunyai keempat macam fungsi, yakni: komunikasi sosial, komunikasi ekspresif, komunikasi ritual, dan komunikasi instrumental. Menjawab pertanyaan apa fungsi komunikasi dalam kehidupan kita, ternyata terdapat sangat banyak jawaban. Kita tentu bisa mengkonseptualisasi dan mengembangkan pandangan mengenai masalah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel