Macam-Macam Fungsi Komunikasi


Mengapa yah kita berkomunikasi? Apa yah fungsinya? Para pakar umumna lebih membahas pertanyaan "Bagaimana berkomunikasi." daripada "Mengapa kita berkomunikasi." Kita mungkin sering berkomunikasi dengan banyak orang tapi tahukah apa fungsi dari komunikasi tersebut.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh para pakar komunikasi, mereka mengemukakan fungsi komunikasi yang berbeda-beda walaupun ada terdapat kesamaan diantara pendapat mereka tersebut. Thomas M. Scheidel mengemukakan bahwa kita berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas diri, untuk membangun kontak sosial dengan orang disekitar kita, dan untuk mempengaruhi orang lain.

Namun menurut Scheidel tujuan dasarnya ialah untuk mengendalikan lingkungan fisik dan psikologis kita.
Berbeda dengan Gordon I. Zimmerman, dia membagi tujuan komunikasi menjadi dua kategori besar. Pertama, kita berkomunikasi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang penting bagi kehidupan sehari-hari (kaya tugas sekolah nanya ke temen wkwk). Kedua, berkomunikasi untuk menciptakan dan memupuk hubungan dengan orang lain. Jadi komunikasi mempunyai fungsi isi yang melibatkan pertukaran informasi yang kita perlukan untuk menyelasaikan tugas, dan fungsi hubungan yang melibatkan pertukaran informasi mengenai hubungan kita dengan orang lain.

Sedangkan C. Pearson dan Paul E. Nelson, mereka mengungkapkan bahwa komunikasi mempunyai dua fungsi umum. Pertama, untuk kelangsungan hidup diri-sendiri yang meliputi: keselamatan fisik, meningkatkan kesadaran pribadi, menampilkan diri kita kepada orang lain dan mencapai ambisi pribadi. Kedua, untuk kelangsungan hidup masyarakat, tepatnya untuk memperbaiki hubungan sosial dan mengembangkan keberadaan suatu masyarakat.

Baca juga Fungsi Komunikasi Menurut William I. Gorden

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel